Rabu, 16 Januari 2013

KUE BOLU KERING

Kue tradisional orang Sumatera teman ngopi ini memang unik dibanding kue bolu besar. Permukaannya kering agak kaku bergula bahkan berkerak sedikit, bagian dalamnya lembut mengembang dgn aroma telur yg kentara. Bolu kering ini memang kering biarpun tidak keras, sebab itu bisa disimpan lama. Jaman dulu, orang membuatnya, bila sudah dipanggang lalu dijemur sampai bagian luarnya benar benar kering. Sebab itu kue ini bisa disimpan lama dalam stoples. Keistimewaan lainnya ialah, kue ini tidak memakai mentega maupun susu sehingga tidak cepat membosankan dan pastinya lebih sehat buat yang diet lemak.
Mau coba bikin ? Bahannya sederhanaaaa sekali. Tapi perlu telaten.

RESEP: Yan Julian Syarif
Sumber: Kuliner Orang Timur

Bahan :

5 btr telur
170 gr gula pasir
200 gr tepung terigu, ayak
1/2 sdt vanilli

Caranya :

Olesi loyang (pake loyang besi tebal seperti loyang kue cubit) dengan minyak sayur hingga rata. Panaskan loyang di oven.
Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga benar-benar mengembang, putih dan berjejak (dengan mikser kira-kira 15 menit).
Masukkan tepung, sedikit-sedikit sambil diaduk balik dengan spatula hingga rata. Keluarkan loyang panas dari oven, masukkan adonan (jangan sampai penuh, sisakan dikiiit supaya tidak saling menempel nantinya).
Panggang di oven dengan api besar hingga kecoklatan. Setelah matang, keluarkan. Lepaskan dari loyang.
Kalau mau lebih kering, bolu yang telah di keluarkan, panggang lagi di oven dengan suhu rendah. (Kalau jaman dulu di jemur). Bolu ini bisa bertahan di stoples hingga 3 minggu, kalau bolunya kering, bisa lebih lama.

PS : Tiap kali menuang adonan yang akan dipanggang, adonannya di aduk dulu agar rata. Jangan lupa, adonan yang menunggu giliran di panggang, di tutup dengan piring (atau apa saja) supaya tidak kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar