Rabu, 17 Oktober 2012

ES PISANG IJO dari Makassar

ES PISANG IJO DARI MAKASSAR.
 
 
Resep: Yan Julian Syarif
Sumber: Kuliner Orang Timur


Es Pisang Ijo merupakan salah satu makanan kuliner khas dari Makassar.
Es ini terbuat dari pisang raja atau kepok, dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan atau pasta pandan sebagai pewarna dan pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut, kacang goreng/sangrai yang ditumbuk kasar dan sirup. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan.
Es pisang ijo memang cukup popular di banyak daerah selain daerah aslanya Makassar dan kemungkinan besar di bulan ramadhan ini, popularitas es pisang ijo akan semakin naik. Rasanya yang segar, manis, dan mengenyangkan sangat cocok sebagai teman untuk berbuka puasa. Tidak ada salahnya apabila Anda mau mencoba mengambil peluang usaha es pisang ijo di saat bulan ramadhan. Menghadirkan es pisang ijo sebagai jajanan berbuka puasa bisa menjadi suguhan baru yang menarik disamping kolak, es buah, bubur kacang hijau yang sudah biasa menjadi jajanan berbuka puasa. Ya…bisnis makanan memang akan selalu menarik untuk dilirik. Pasarnya jelas dan luas, tinggal bagaimana kegigihan usaha kita dan semangat untuk selalu berusaha mencari dan berkreasi.

Bahan:

Pisang Tepung

175 gr tepung beras, ayak
1/2 sdt garam
300 ml air
1000 ml air daun pandan/suji
50 gr tepung tapioka / sagu
6 buah pisang raja matang

Saus Putih :

800 ml santan (saya pake 1 kotak santan kara ditambahkan air sampai 800 ml)
50 gr tepung beras
75 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 ikat daun pandan
Sirup Merah (saya pake sirup Marjan Cocopandan)
Es Serut
Kacang tanah sangrai

Cara Pembuatan:

Pisang Ijo :

Campurkan tepung beras, garam, air, air daun pandan, dan pewarna hijau, aduk rata. Jerang di atas api kecil hingga mendidih sambil aduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Angkat.
Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga kalis. Biarkan dingin sebentar.
Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.
Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
Kukus hingga matang skira-kira 15-20 menit.

Saus Putih :
Campurkan santan, tepung beras, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Jerang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat. Aduk-aduk sampai agak dingin

Penyajian :
Dalam penyajiaannya pisang raja yang terbungkus kulit berwarna hijau ini dipotong-potong. Ambil satu buah pisang ijo, potong-potong pisang, lalu letakkan di atas piring/mangkuk. Tambahkan es serut, siram dengan sirop merah sebagai penambah rasa manis, beri saus putih, taburi kacang sangrai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar