Minggu, 21 Oktober 2012

GETUK LINDRI

GETUK LINDRI

Getuk lindri dikenal karena rasanya yang lembut enak. Warnanya berwarna-warni memikat dan bercita rasa manis. Disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih. Hmm, rasanya manis, lembut dan agak gurih.

Getuk lindri sebenarnya adalah kue tradisional dari Jawa Tengah yang berbahan dasar singkong. Selain rasanya yang istimewa, getuk lindri juga dikenal karena satu ciri khas. Kue ini biasa dijajakan dengan menggunakan gerobak, dengan disertai tembang Jawa ataupun dangdut dengan volume kencang. Karenanya, keberadaan penjaja getuk lindri bisa dideteksi dari suara musik dari gerobaknya.

Getuk lindri dibuat dari singkong yang dikukus hingga empuk. Saat masih panas, singkong ditumbuk hingga benar-benar halus. Setelah halus, masukkan gula, air dan vanili yang sudah dilarutkan bersama, lalu diaduk dengan singkong hingga tercampur rata.

Adonan singkong tersebut kemudian diberi pewarna makanan agar lebih menarik. Ada warna coklat, hijau, pink, kuning, ataupun warna alaminya yaitu putih. Setelah diberi pewarna, barulah singkong yang sudah halus ini dimasukkan ke dalam gilingan, lalu dipotong-potong.

Saat disajikan, biasanya diberi taburan kelapa parut yang membuat rasanya gurih. Kini makin banyak variasi rasai getuk lindri yang tak hanya menambahkan pewarna saja, namun juga menambahkan rasa-rasa tertentu seperti cokelat, keju, strawberry dan pandan.


RESEP: Yan Julian Syarif
Sumber: Kuliner Orang Timur


1 kg singkong, kupas
200 gram gula pasir
1/2 sendok teh vanili
100 ml air
pewarna sesuai selera

Resep Bahan Urap Kelapa Getuk Lindri :

1/3 butir kelapa (jangan yg terlalu tua) diparut kasar
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Getuk Lindri :

Didihkan gula, air, dan vanili sampai kental, angkat, dinginkan, sisihkan.
Kukus singkong sampai matang dan lunak, tumbuk selagi panas sambil dituangi cairan gula dan pewarna sampai halus dan tercampur rata.
Giling adonan dan potong sesuai selera. Hidangkan dengan urap kelapa.
Urap kelapa : campur kelapa parut dan garam, kukus kurang lebih 5 menit supaya tahan lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar