Selasa, 23 Oktober 2012

TOM YAM GOONG

TOM YAM GOONG - RAJANYA THAI FOOD

Grup kita ini bernama "KULINER ORANG TIMUR", nah tentunya bukan hanya kuliner Indonesia saja yang selalu ditampilkan dalam grup ini karena bangsa timur bukan hanya bangsa Indonesia tapi seluruh bangsa di benua Asia. Untuk itu kali ini aku akan tampilkan satu masakan dunia timur yang sangat terkenal dari negara tetangga kita yang berbudaya tinggi dan kaya kuliner khas yaitu Thailand. Masakan yang akan ku tampilkan adalah rajanya seluruh masakan Thailand yaitu TOM YAM GOONG (TOM YAM KUNG) yang artinya "sup pedas udang"
Tom Yam adalah primadona Thai food (makanan bangsa Thai) yang tersohor ke seluruh dunia.
Di Thailand, tom yam biasanya dibuat dengan udang (tom yam goong), ayam (tom yam gai), ikan (tom yam pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yam thalae atau tom yam po taek) dan jamur.

Untuk resep yang akan ku tampilkan, aku pilihkan yang paling top diantara para tom yam itu yaitu TOM YAM GOONG. Nanti variasi isinya bisa anda pilih sendiri.
Resep ini aku pelajari sendiri waktu aku di Bangkok, Thailand, karena aku selalu menyantap ini saat berkunjung kesana mengingat rasanya yang asam pedas, segar tanpa santan dan harum saat serehnya dikunyah.
Bumbunya juga adalah bahan2 segar yg bermanfaat untuk kesehatan, apalagi dimakan saat masih panas...hmm. Aku pelajari resep ini di restoran Thai langgananku di Bangkok.
Bumbunya sedikit aku modifikasi dengan selera Indonesia, mengingat masakan Thai biasanya terlalu asam dan kurang gurih bagi lidah kita. Kalau soal pedas sama gilanya orang Thai dengan orang Indonesia...hehehe.

Selamat mencoba....Sawadee kraap !! (Salamnya orang Thai)


RESEP: Yan Julian Syarif
Sumber: Kuliner Orang Timur


Bahan Kuah :
- kaldu udang 1500 ml
- serai 2 batang,memarkan
- jahe 2 cm, memarkan
- daun jeruk 3 lembar
- kecap ikan (fish sauce) 3 sdm
- lengkuas 1 cm, memarkan
- garam 1/2 sdt

Bahan isi :
- udang kupas 300 gr
- jamur merang 100 gr
- cabe rawit 8 buah biarkan utuh
- serai 1 batang, iris serong2
- daun ketumbar 1 batang, iris halus
- daun mint / daun basil 5 lembar
- air jeruk nipis 4-5 sdm

Bumbu halus :
- cabe merah 4 buah
- bawang putih 3 siung
- cabe rawit merah 2 buah (atau lebih sesuai selera)
- minyak goreng 2 sdm
(Aslinya di Thailand, digunakan cabe bubuk untuk menambah rasa pedas)

cara membuat :
1. didihkan kaldu air udang, masukkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, garam & kecap ikan, aduk rata, sisihkan
2. Haluskan bahan bumbu halus kecuali minyak.
3. panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang, angkat masukkan dlm rebusan kaldu udang, didihkan kembali lalu saring.
4. masukkan udang, jamur, cabe rawit dan irisan serai dlm kaldu yg sudah disaring, masak kembali hingga mendidih.
5. tambahkan ketumbar dan air jeruk nipis, aduk rata, angkat
6. selamat menikmati

-Untuk 5 porsi-

Catatan : Kaldu udangnya, bisa dibuat sendiri dari kulit udang, setelah udang dikupas, kulit udang jangan langsung dibuang, cuci bersih, rebus di air mendidih sebanyak 1500 ml, campur dengan daun bawang, seledri, potongan wortel, bawang putih di geprek, bawang bombay diiris kasar dan daun salam, masak dengan api kecil aja, hingga airnya agak mulai berkurang.

1 komentar:

  1. resep tom yam ayam memang tidak ada matinya. slalu saja ada resep terbaru yang lebih lezat dan nikmat cara membuat tom yam pun tidak sulit. terima kasih yah udah sharing resep tom yam nya.

    BalasHapus