Rabu, 07 Maret 2012

Cincau Hijau (Thomas Donda)

YO KITE MUET CINCAU HIJAU

Bahan :
• daun cincau 40 lembar yang sedang, cuci bersih
• air matang 300 ml

Cara Membuat :
1. Remas-remas daun cincau
2. Tuang 1/2 bagian air sedikit demi sedikit sambil terus diremas-remas hingga keluar lendir/gel berwarna hijau.
3. Saring remasan daun cincau.
4. Remas-remas kembali ampas (daun cincau) sambil tuang sisa air hingga keluar lendirnya. Saring.
5. Simpan hasil saringan daun cincau dalam lemar pendingin hingga beku selama kurang lebih 3-4 jam. Cincau hijau siap digunakan.

CINCAU HITAM

Bubuk Cincau
Pembuatan bubuk cincau diawali dengan mencuci daun cincau segar dengan air dingin, kemudian dikeringkan dengan oven 50° C selama 18 jam atau dijemur dari jam 08.00 sampai 15.00 selama tiga hari (total 21 jam). Kemudian daun yang sudah kering tersebut digiling dan diayak dengan ayakan berdiameter 0.5 milimeter.

Jika kan dibuat gel cincau, bubuk cincau dimasukkan ke dalam kantung kain yang berfungsi sebagai penyaring, kemudian ditambah air, diekstrak dengan cara pengadukan selama 2.5 menit lalu diperas. Air yang digunakan ialah air yang telah dimasak dan didinginkan sampai suhu kamar.
Untuk memperbaiki mutu gel cincau dapat ditambahkan bahan pengikat, antara lain pati, agar dan Ca SO. Menurut hasil penelitian Astuti (1985) penggunaan pati dengan konsentrat 0.1 persen dari air pengekstrak; atau penambahan agar 0.02 persen dari air pengekstrak; atau penambahan CaSO4 (tawas) dengan konsentrasi 0.05 persen dari bubuk daun cincau kering akan menghasilkan gel yang baik; baik untuk bubuk daun cincau kering jemur maupun kering oven.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar