Kamis, 15 Maret 2012

KUE KLEPON (Amor Amore)

KUE KLEPON

Kue basah yang unik karena bentuknya yang kecil, pas untuk sekali suap dengan kejutan manis di dalamnya. Balutan kelapa parut memperkaya cita rasa dan membuatnya tidak melekat satu sama lain.

BAHAN:

20 lembar daun suji
... 3 – 4 lembar daun pandan
30 ml air
1 sdt air kapur sirih
325 gram tepung ketan
25 gram tepung kanji
300 ml air hangat
1/2 sdt garam
100 gram gula merah, sisir/iris kecil
air untuk merebus
4 lembar daun pandan, potong-potong

PELAPIS: aduk jadi satu, kukus kurang lebih 10 menit.

1/2 butir kelapa setengah tua, buang kulit ari, parut memanjang
1/2 sdt garam
1 -2 lembar daun pandan, potong-potong

CARA MEMBUAT KLEPON:

Iris daun suji dan daun pandan, kemudian proses dalam blender bersama air. Setelah halus, peras dan saring, buang ampasnya. Masukkan air kapur sirih, aduk, sisihkan.
Taruh tepung ketan dan tepung kanji dalam wadah/mangkuk, tuangi air hangat yang sudah dicampur garam, aduk dan uleni selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu masukkan air daun suji-pandan, aduk hingga rata.
Ambil 1 sdt adonan tepung, pipihkan. Taruh 1/2 sdt gula merah di tengahnya, tutup kembali dan bentuk bulat. Lakukan langkah yang sama pada semua sisa bahan.
Masak air bersama daun pandan dalam panci tertutup. Setelah mendidih, kecilkan api, rebus terus hingga air perebus berbau harum. Keluarkan daun pandan dari panci, masukkan bulatan adonan ke dalam air pandan. Masak hingga terapung (kurang lebih 5 menit) atau hingga matang, angkat, tiriskan.
Segera gulingkan bulatan ke dalam kelapa parut kukus hingga bulatan terselimuti kelapa dan tidak melekat satu sama lainnya, sajikan.
See More

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar